Tips Jadi Publik Speaking Handal, Bicara Depan Umum Dengan Percaya Diri

Klik Gambar Diatas
Untuk Lihat Videonya Di Youtube

NhiaOfficial, Edukasi -- Publik Speaking atau bicara depan umum adalah sesuatu hal yang susah-susah gampang, susah saat praktek dan gampang kalau diperhatikan. Untuk bisa tampil didepan umum dan berbicara dengan penuh rasa percaya diri itu kita harus memperhatikan beberapa hal.

Baik kali ini Nhia Official akan memperlihatkan keberanian anak-anak kelas 6 dari SD Laniang Makassar, mereka tampil didepan teman sekelas dan menjelaskan sesuatu hal yang merupakan mata pelajaran mereka sebelumnya.
Untuk bisa tampil depan publik dengan baik atau jadi publik speaking profesional maka sebagai pemula kita bisa dengan mengikuti pelatihan dengan langkah-langkah sebagai berikut;

1. Latihan. Latihan adalah sebuah proses yang tidak bisa kita hindari dan tidak bisa dianggap sepele. Dibalik kehebatan seseorang pasti ada latihan keras yang menyertainya. Mulailah sering berbincang-bincang dengan kelompok kecil bisa dengan teman, sahabat atau orang disekitar anda, dan bahas apa saja yang bisa dibahas. Latihan juga bisa dengan berbicara dan berekspresi didepan cermin, hal ini lebih memudahkan untuk melihat hal yang harus diperbaiki.

2. Koreksi dan Perbaiki. Ketika anda berbicara dengan orang lain coba untuk mengoreksi diri sendiri. Apabila menurutmu ada hal atau kalimat yang tidak cocok digunakan maka biasakan untuk tidak lagi memakai kalimat tersebut. Kita juga bisa mengoreksi diri sendiri dengan latihan di depan cermin. Dengan latihan didepan cermin kita bisa melihat mimik muka, gestur tubuh, dan bisa mengoreksinya apabila ada hal yang kurang baik terlihat.

3. Fahami Data. Memahami dengan baik apa yang kita sampaikan adalah salah satu penunjang tampil lebih percaya diri. Rasa takut akan muncul pertanyaan dari pendengar akan hilang apabila kita memahami data yang sedang kita bahas. Hal itu juga membuat kita terhindar dari malu karena salah menjelaskan.

4. Atur tempo. Jangan berbicara terlalu cepat atau terlalu kencang, usahakan berbicara dengan santai dan tidak terburu-buru. Berbicara dengan santai bisa dengan mudah dimengerti oleh para pemirsa atau pendengar sehingga tidak ada kemungkinan untuk mengajukan pertanyaan. Saat harus berhenti maka berhentilah, saat harus menekan kata maka tekanlah.

5. Percaya Diri, jangan takut salah bicara karena sebagai pemula maka kesalahan dalam pengucapan atau pemilihan kata sulit untuk dihindari. Namun perlu untuk diingat bahwa jadikan kesalahan tersebut sebagai jalan intropeksi diri untuk diperbaiki agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

6. Sesuaikan Pakaian. Lihat dengan baik situasi yang akan kamu tempati berbicara atau kunjungi dan sesuaikan pakaian dengan agenda acara tersebut. Berpakaian santai saat acara biasa, dan berpakaian formal disaat acara penting. Dengan berpakaian sesuai dengan situasi saat itu akan menimbulkan rasa percaya diri karena kita tidak terlalu mencolok. Pakaian rapih dan bersih tentunya adalah faktor utama kita dengan leluasa dan dengan penuh rasa percaya diri bersosialisasi dalam acara tersebut.

7. Interaksi dengan penonton. Salah satu cara untuk berinteraksi dengan penonton adalah dengan cara menjaga kontak mata dengan mereka. Saat kontak mata terjalin, mereka akan merasa diperhatikan dan merasa tidak diabaikan. Dan tentunya mereka akan bersemangat mendengarkan apa yang kita sampaikan. Interaksi juga bisa dengan mengajak mereka bicara dengan sesi tanya jawab. Kita bisa mengetahui apa yang tidak mereka ketahui atau tidak mereka fahami dengan sesi tanya jawab ini. Sering sering lemparkan senyum kepada mereka sehingga suasana akan semakin bertambah hidup.

Selamat Mencoba !!!

Nhia Official

Nama: Rahmania, S.Pd Profesi: Guru Mengajar Hobby; Olahraga & Traveling

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama