Cara Mudah Mencangkok Tanaman - Pelajaran Sekolah Dasar

Klik Gambar Diatas
Untuk Nonton Video Tutorialnya

NHIAOFFICIAL, Edukasi -- Halo sobat nhia officila, divideo kali ini kita akan mengajak untuk belajar Mencangkok Tanaman. Proyek mencangkok ini dilakukan oleh siswa kelas 6 sekolah dasar SD Laniang Makassar.

Para siswa dibagi menjadi 3 kelompok atai tim, dan setiap kelompok atau tim mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Setelah itu dipersiapkan untuk membuat video singkat yang menjelaskan tentang proses mencangkok mulai persiapan bahan sampai selesai.

Oke baik kita langsung saja kepada pembahaan utamanya, beberapa tanaman bisa dikembangbiakkan dengan cara perkembangbiakan buatan.

Perkembangbiakan buatan yang dimaksud disini ialah dengan bantuan manusia., diantaranya dengan cara mencangkok. Mencangkok tanaman meruapakan cara paling murah dan mudah mengembangbiakkan tanaman.

Mencangkok memiliki kelebihan seperti tanaman bisa tumbuh lebih cepat dari biasanya, dan mutu dari tanaman cangkokan biasanya lebih bagus dari tanaman induknya. Dan tentunya hal ini lebih cepat dan praktis untuk dilaksanakan.

Baik, kita langsung saja ke tutorialnya, siapkan alat-alat dan bahan yang perlu disiapkan seperti pisau, sabut kelapa, tali, dan sedikit tanah yang dicampur pupuk kandang. Silahkan untuk memilih cabang atau dahan pohon yang akan dicangkok, sebaiknya pilih yang ukuran dahannya sedang.

Kemudian silahkan kupas dahan tersebut sampai bersih dari kulit dan lendirnya sepanjang 5 - 9 Cm. Tutup bekas kupasan pada dahan dengan tanah yang subur dan sudah dicampur dengan pupuk kandang.

Setelah itu lanjutkan dengan membungkus tanah dengan sabuk kelapa yang sudah di basahi dengan air bersih. Lanjut ikat sabuk kelapa tadi dengan tali rapiah atau tali lainnya yang sudah kita siapkan sebelumnya.

Proses awal mencangkok sudah selesai, dan kita tinggal lakukan perawatan agar cangkokan tersebut sesuai dengan apa yang kita inginkan. Siram cangkokan setiap pagi dan sore dengan teratur.

Tunggu sampai akarnya tumbuh, baisanya akar tersebut akan tumbuh dalam waktu sekitar 1 hingga 2 bulan berjalan. Dan setelah akarnya tumbuh lebih banyak, potong cabang bagian bawah cangkokan dari induknya.

Jadi degh, tanaman cangkokan kita kemudian sudah bisa kita tanam langsung ke kebun atau ladang yang kita inginkan. Sebaiknya tanam hasil cangkokan kita itu ditempat yang teduh dan terhindar dari matahari langsung. Selamat mencoba !!! 
Nhia Official

Nama: Rahmania, S.Pd Profesi: Guru Mengajar Hobby; Olahraga & Traveling

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama