Siswa SD Laniang Makassar Latihan Ritual Aru Tubaranina Gowa - Kesenian Budaya

Klik Gambar Diatas
Untuk Nonton Videonya

NhiaOfficial, Edukasi - Okey baik, sahabat Nhia Official dimanapun berada. Pada kesempatan ini kita akan menyaksikan pertunjukan kesenian yang ditampilkan oleh anak-anak kita dari SD Laniang makassar.

Dengan iringan musik khas suku makassar, pertunjukan pun dilangsungkan. Diawali dengan pertunjukan Angngaru atau aru, dimana aru ini adalah sebuah ritual budaya yang turun temurung digelar. Ritual aru ini biasanya ditampilkan ketika masyarakat suku makassar  menggelar acara tertentu.

Ritual aru merupakan simbol pernyataan sikap dari para pasukan atau para pendekar dari suku makassar dikala itu. Ritual Aru atau pernyataan sikap tersebut ditujukan kepada para pembesar, berupa raja pada kala itu dan para pejabat seperti bupati, anggota DPRD, serta tamu kehormatan lainnya pada saat ini.

Ritual Aru ini juga sering ditampilkan ketika Suku Makassar melangsungkan pernikahan. Ritual aru ini digelar dengan iringan musik gendang dan seruling serta gong.

Ritual aru ini juga merupakan sebuah ritual yang sakral dan tidak untuk dibuat main main, apalagi ritual aru yang menggunakan senjata tajam berupa badik. Harus diperagakan oleh mereka yang memang sudah ahli dibidang tersebut.

Ritual Aru ini merupakan salah satu ritual budaya yang cukup unik dan mengundang rasa penasaran dari para penonton disaat ada yang peragakan.
Nhia Official

Nama: Rahmania, S.Pd Profesi: Guru Mengajar Hobby; Olahraga & Traveling

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama